Senin, 14 Januari 2013

Masuk Angin Duduk


Masuk angin duduk merupakan penyakit yang menyerang organ jantung oleh karena kurangnya pasokan oksigen maupun kelebihan pasokan oksigen. Masyarakat awam menganggap angin duduk disebabkan oleh masuk angin yang menyerang ulu hati, dan dapat mengakibatkan kematian secara tiba-tiba. Dalam istilah kedokteran masuk angin duduk disebut angina pectoris, ditandai oleh rasa nyeri disebelah kiri, yang merupakan letak jantung, akibat ketidak seimbangan pasokan oksigen ke jantung.

Gejala 
 Dada seperti tertekan dengan nyeri yang hebat menyebabkan sesak nafas. Hal ini mengindikasikan adanya gangguaan pada pembuluh darah yang membawa oksigen ke jantung. Hal ini disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah, juga dapat disebabkan oleh aktivitas yang terlalu berat sehingga meningkatnya pasokan oksigen melebihi normal.

 Antisipasi 
 Pola makan sehat, dengan menghindari jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi,kadar gula tinggi, dan tidak melakukan aktivitas yang berlebihan dan istirahat yang cukup.

 Penanganan 
Pasien yang mengalami masuk angin duduk harus segera mendapatkan perawatan dengan membawa kerumah sakit terdekat atau sebaiknya diberi obat anti anti plateletdan anti koagulan. Anti platelet adalah obat-obat yang menurunkan agregasi platelet dan menghambat pembentukan thrombus di sirkulasi arteri dimana antikoagulan mempunyai efek yang sedikit. Antikoagulan adalah sebuah zat yang mencegah penggumpalan darah; digunakan untuk profilaksis atau pengobatan gangguan tromboemboli. Ada dua jenis antikoagulan. Antikoagulan jenis Coumadin digunakan untuk mencegah pembentukan bekuan darah (profilaksis). Antikoagulan trombolitik digunakan dalam keadaan darurat untuk melarutkan bekuan darah. 

Demikian sedikit ulasan tentang masuk angin duduk, semoga bermanfaat ..salam suara jelata..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar