Jumat, 24 Februari 2017

STRES?

Stres? Sudah menjadi pengalaman setiap orang dalam hidup pasti merasakan  konflik, kebuntuan dan hal lain yang menimbulkan perasaan tidak nyaman.Tentu saja juga pengalaman yang menyenangkan atau saat bahagia. Keduanya ada sent ujian dan manusia yang sadar tidak mudah terjebak dalm kondisi batiniah oleh karena aspek itu. Kondisi itu bisa berbalik arah setiap saat tanpa dapat direncanakan, ataupun dihindari. Sementara yang ingin di capai adalah kebahagiaan, yang mungkin berbeda sudut pandangnya menurut asumsi masing - masing orang.
Sejuta alasan menyebabkan manusia merasa tidak nyaman.

Semua dapat kita ambil hikmah dengan menggunakannya untuk mengontrol  setiap tindakan setelah banyak belajar dari pengalaman sebelumnya, sehingga menemukan hal yang lebih penting untuk merubah cara berfikir,  menilai sesuatu dan  bersikap.
Dan bukan sebaliknya justru menjadi korban penderitaan , akibatnya hanya mengeluh, menyalahkan keadaan, dan selalu merasa terpuruk.

Hanya mencari Kesenangan dan berfoya berpotensi melalaikan tugas dan kewajiban, menimbulkan kemalasan dan kurang peka terhadap lingkungan sekitar dan masalah hidupnya sendiri. Sementara banyak yang harus dikerjakan tanpa menunda-nunda.
Manusia diciptakan Tuhan melalui proses dan terukur, beruntunglah bagi yang  masih diberikan waktu untuk berbenah dan dapat mengambil pelajaran dari peristiwa yang pernah dialami, baik, buruk , suka ,derita, anugrah dan bencana.

Pada saat seseorang terbentur masalah jalan satu satunya berani menghadapinya dan percaya akan mampu mengatasi, yang memang membutuhkan perjuangan, pengorbanan, dan waktu. Jika sebaliknya mencoba menghindar, sadar atau tidak sebenarnya justru mengalami stres stagnan bahkan kemunduran dan sulit maju, sementara di depan banyak  urusan yang lebih komplek. Keadaan batin atau situasi hati tidak bisa dimanipulasi diajak berbohong bahkan mencari pembenaran sendiri. Kan ada dorongan untuk berada pada kondisi yang wajar, tenang dan nyaman,. selama ada semangat dan niat  kuat untuk mengatasi semua yang menjadikan stres.

Kita bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan sekarang dan apa yang kita inginkan nanti.
Jika apa yang kita terima hari ini merupakan hasil dari yang kita lakukan masa lalu, berarti apa yang akan kita terima nanti bisa kita ciptakan dari tindakan kita hari ini,Belajar dari  pengalaman lebih tahu cara bagaimana bersikap dan melakukan sesuatu.
Sebab akibat berlaku pada sumua tindakan.Aksi kita menimbulkan reaksi.

Kita pada tingkat yang mana?
Besar kecil kesulitan berbanding  lurus dengan tujuan dan kwalitas Out put yang dihasilkan.
Bertingkat, proses,  bermasa, dan  jalan keluar.
Hadapi dengan sabar dan usaha keras. Kan ada terang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar